Jumat, 17 Juli 2015

Jaga Makanan Saat Lebaran

Lebaran adalah suatu perayaan yang sakral dilaksana oleh umat beragama sebagai hari besar atau hari raya umat tersebut. Juli ini bertepatan dengan jatuhnya 1 syawal 1436 H umat islam di penjuru dunia merayakan sebagai hari kemenangan, setelah 1 bulan penuh berpuasa ramdhanan.
Setiap negara atau daerah menyambut dengan berbeda hari raya ini. Di indonesia juga memiliki ciri khas tersendiri dalam menyambut datangnya 1 syawal ini. Perayaan, aktivitas, busana, dan makanan menjadi ciri tersendiri di Indonesia.
Biasa nya tidak pas klo tidak ada ketupat sayur yang sajikan dalam perayaan lebaran. Ketupat sayur yang dilengkapi dengan lauk seperti opor ayam, rendang, dll merupakan makanan yang menganduk santan dan lemak yang tinggi. Belum lagi kue-kue manis dan goreng-goreng yang kaya dengan minyak.
Hal ini menjadi orang menjadi naik berat badannya setelah mengkonsumsi makanan lebaran.
Hati hati dengan berat badan yang mendadak, karana dengan bertambahnya berat badan yang secara mendadak itu diakibatkan bukan karena volume otot membesar tetapi kadar lemak dan cairan tubuh yang juga bertambah.
Lemak yang berlebihan pada tubuh bisa mengakibatkan obesitas dan penyumbatan pembuluh darah. Biasa orang malah bergerak (mager), cepat letih, pusing, cepat ngantuk, dan lain sebagainya.
Sedangkan penyumbatan pembuluh darah bisa mengakibatkan korestrol tinggi dan stroke.
Semoga kita semua tidak mengalami hal diatas, untuk itu yuk kita jaga makanan kita dengan jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yg kaya akan lemak, banyak minum air putih sebagai cairan penetralisir dan lakukan aktivitas olahraga sebagai pembakar lemat. Selamat hari raya iedul fitri taqoballalahu mina wa minkum taqobal ya Karim..... semoga allah terima puasa kita dan meraih kemanangan. Mhon maaf klo ada kesalahan..

Hilman IP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar